Powered by Blogger.

WELCOME

Saturday, July 26, 2014

Tag:

Kandungan dalam makanan - kecap,keju,oncom,tauco,oncom

Kecap
       Kecap adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam. Namun ada pula kecap yang dibuat dari bahan dasar air kelapa yang umumnya berasa asin.
       Kecap manis biasanya kental dan terbuat dari kedelai, sementara kecap asin lebih cair dan terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. Selain berbahan dasar kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kecap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan tahu
Cara Pembuatan Kecap
Mula-mula kedelai difermentasi oleh kapang (aspergillus sp dan Rhizopus sp) menjadi semacam tempe kedelai, kemudian “tempe” ini dikeringkan dan direndam di dalam larutan garam. Garam merupakan senyawa yang elektif terhadap pertumbuhan mikroba. Hanya mikroba tahan garam saja yang tumbuh pada rendaman kedelai tersebut
Mikroba yang tumbuh pada rendaman kedelai pada umumnya dari jenis khamir dan bakteri tahan garam, seperti Zygosaccharomyces (khamir) dan Lactobacillus (bakteri). Mikroba ini merombak protein menjadi asam-asam amino dan komponen rasa dan aroma, serta menghasilkan asam. Fermentasi tersebut terjadi jika kadar garam cukup tinggi, yaitu antara 15 sampai 20%.
Kandungan dalam Kecap
Kecap mengandung energi sebesar 46 kilokalori, protein 5,gram, karbohidrat 9 gram, lemak 1,3 gram, kalsium 123 miligram, fosfor 96 miligram, dan zat besi 6 miligram.  Selain itu di dalam Kecap juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kecap, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
GAMBAR KECAP


          






Keju
       Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi.Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet.Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara.
       Dari sebuah susu dapat diproduksi berbagai variasi produk keju.Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengerin, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan. Umumnya, hewan yang dijadikan sumber air susu adalah sapi.Air susu unta, kambing, domba, kuda, atau kerbau digunakan pada beberapa tipe keju lokal.
Cara Pembuatan Keju
       Susu direbus hingga mendidih, supaya tidak lengket selama direbus susu diaduk pelan-pelan dan jangan sampai berhenti
       Setelah mendidih angkat dan diamkan susu dalam keadaan tertutup dengan diberi sedikit rongga agar uapnya keluar.
       Masukkan 2 sendok teh cuka kemudian aduk pelan-pelan selama kurang lebih sepuluh menit
       Gumpalan susu (gumpalan ini yang menjadi keju) akan terpisah dari yang cair kemudian saring dengan saringan kawat yang diberi kain sebagai pelapis.
       Hasil perasan/saringan dicampur dengan garam
       Hasil campuran gumpalan susu dan garam diamkan sampai dingin
       Simpan gumpalan keju di dalam kulkas
Kandungan dalam Keju
       Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu, seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, dan fosfor namun juga lemak dan kolesterol yang dapat menyebabkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Besaran kandungan lemak dalam keju tergantung pada jenis susu yang digunakan.Keju yang dibuat dengan susu murni atau yang sudah ditambah dengan krim memiliki kandungan lemak, kolesterol dan kalori yang tinggi. Keju sangat bermanfaat karena kaya akan protein, terutama bagi anak kecil karena mereka membutuhkan protein yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.
Gambar
 

Mentega
       Mentéga adalah makanan produk susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan kadang-kadang bahan untuk menggoreng. Pengganti mentega ialah margarin, yang biasanya lebih murah, dan memiliki sedikit lemak dan kolesterol.
Cara pembuatan mentega
Bahan dasarnya adalah krim susu. Krim susu adalah lapisan paling atas dari susu yang terbentuk jika didiamkan selama beberapa hari di dalam kulkas. Krim ini dipisahkan dari lapisan bawah susu atau skim. Mentega dibuat dengan cara mengaduk (butter churning) krim susu menggunakan alat pengaduk mentega sampai berbentuk padat. Krim susu terpisah menjadi bagian lemak yang padat dan bagian cair (air) setelah diaduk. Cairan yang terpisah dari mentega selama proses pengadukan itu dinamakan buttermilk (susu mentega). Mentega kemudian dipadatkan dan dicetak sesuai selera dengan menggunakan cetakan. Mentega ini selanjutnya dapat pula diolah menjadi gheeatau minyak samin dengan cara memanaskan mentega dengan menggunakan nyala api kecil sampai terbentuk warna kuning emas. Cairan yang terbentuk dipisahkan dari pengotor yang berupa padatan. Minyak samin merupakan salah satu tradisi kawasan Asia Selatan (India dan sekitarnya).
Kandungan dalam Mentega
Mentega mengandung energi sebesar 725 kilokalori, protein 0.5 gram, karbohidrat 1.4 gram, lemak 81.6 gram, kalsium 15 miligram, fosfor 16 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Mentega juga terkandung vitamin A sebanyak 3300 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Mentega, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
Gambar
 

Tauco
Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai (Glycine max) yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi). Fermentasi tauco dengan direndam dengan air garam, kemudian dijemur pada terik matahari selama beberapa minggu sampai keluar aroma yang khas tauco atau rendaman berubah menjadi warna coklat kemerahan. Pada pertengahan prosesnya, rendamannya sering mengeluarkan bau yang menyengat seperti ikan busuk/bau terasi.
Cara Pembuatan Tauco
1. Bersihkan kacang kedelai kemudian cuci bersih hingga bersih.
2. Rendam dalam air panas selama 5 menit. Ganti air perendamannya dengan air dingin dan biambkan selama 12 jam.
3. Kupas kulit kedelai hingga berbentuk kepingin biji kedelai.
4. Rebus kedelai selama 2 jam, tiriskan selama 1 jam (sampai dingin). Sisihkan.
5. Campur tepung beras dan tepung ketan, sangrai hingga berwarna kuning
6. Tambahkan laru tauco atau ragi tempe, aduk rata.
7. Ratakan kedelai di atas tampah, taburkan campuran tepung. Peram/fermentasi selama 3 hari.
8. Jemur kedelai hingga kering kemudian haluskan gumpalan-gumpalannya.
9. Larutkan garam dengan air. Masukkan campuran kedelai dalam wadah, tuang larutan garam. Tutup agak rapat dan param kembali selama 4 minggu.
10. Tambahkan gula pada kedelai, masak hingga mendidih dan tidak terbentu buih-buih lagi.
Kandungan dalam Tauco
       Tauco mengandung energi sebesar 166 kilokalori, protein 10,4 gram, karbohidrat 24,1 gram, lemak 4,9 gram, kalsium 55 miligram, fosfor 365 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Tauco juga terkandung vitamin A sebanyak 23 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tauco, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
Gambar
 

Oncom
Oncom adalah makanan asal Indonesia yang terutama populer di Jawa Barat. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan terhadap tempe. Perbedaaannya adalah bahwa pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora, sementara pada tempe hasil olahan diperdagangkan sebelum kapang menghasilkan spora
Cara pembuatan Oncom
       Oncom merah umumnya dibuat dari bungkil tahu, yaitu kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu.
       oncom hitam umumnya dibuat dari bungkil kacang tanah yang kadangkala dicampur ampas (onggok) singkong atau tepung singkong (tapioka), agar mempunyai tekstur yang lebih baik dan lebih lunak. Bungkil kacang tanah adalah ampas yang berasal dari kacang tanah yang telah diambil minyaknya dengan proses pemerasan mekanis atau proses ekstraksi
Kandungan dalam Oncom
Oncom mengandung energi sebesar 187 kilokalori, protein 13 gram, karbohidrat 22,6 gram, lemak 6 gram, kalsium 96 miligram, fosfor 115 miligram, dan zat besi 27 miligram.  Selain itu di dalam Oncom juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,09 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Oncom, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
Gambar



 

About Unknown

Hi, My Name is Fawwaz. I am a webdesigner, vloger, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

1 komentar:

  1. Terimakasih Artikel Kandungan dalam makanan - kecap,keju,oncom,tauco,oncom nya sangat bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Kue Kering Sagu

    ReplyDelete

close

THANK U